Jurusan Kimia FMIPA UNP Gelar Workshop Pembelajaran Berbasis Case Method
Sabtu (5/2/2022) – Pelaksanaan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) memberi ruang bagi mahasiswa agar mampu berpikir kritis dan analitis, serta mempunyai pengalaman langsung di dunia industri dan usaha sebagai bekal memasuki dunia kerja yang mampu untuk memecahkan masalah kontekstual dan up to date. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang bisa menunjang hal tersebut sehingga mampu mendukung ketercapaian profil lulusan Jurusan Kimia. Pola tersebut salah satunya diwujudkan melalui metode pembelajaran case method. Sabtu, 5 Februari 2022 merupakan hari terakhir pelaksanaan workshop yang disempurnakan dengan presentasi dari masing-masing kelompok bidang kajian yang meliputi presentasi RPS, panduan teknis pembelajaran berbasis case method, dan rubrik penilaian case method. Rubrik penilaian yang dirancang meliputi beberapa item yakninya: penilaian terhadap analisis dan penyelesaian kasus, penemuan solusi, kerja dan hubungan kelompok, presentasi dan diskusi kelas, serta penilaian teman sejawat. Workhsop ini sejatinya sudah dimulai sejak Rabu, 2 Februari 2022. Workshop dilaksanakan secara tatap muka di ruang sidang FMIPA dan pada hari terakhir dilanjutkan di ruang sidang Jurusan Kimia FMIPA UNP dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan dibuka oleh Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli S.Pd., M.Pd. dan dihadiri oleh pimpinan dan dosen Jurusan Kimia UNP. Dekan sangat mengapresiasi workshop ini dan mengharapkan akan dapat mendukung program UNP untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis case method dan team based project. Ketua Jurusan Kimia UNP Fitri Amelia, M.Si., Ph.D. menyampaikan bahwa semester sebelumnya sudah disusun perangkat pembelajaran berbasis proyek sehingga semester ini ditargetkan perangkat perkuliahan berbasis case method dapat dihasilkan. Ketua penyelenggara kegiatan workshop Guspatni, S.Pd., M.A telah memfasilitasi peserta workshop dengan beragam sumber referensi terpercaya yang bisa digunakan sebagai bahan rujukan pembuatan panduan teknis pembelajaran berbasis case method. “Profesor Clyde Freeman Herreid, merupakan salah seorang pioner yang menerapkan case method ini dalam ilmu sains dan pendidikan sains, artikel maupun website yang dikembangkan pada State University of New York-Buffalo bisa menjadi benchmarking kita, disamping itu ada juga Havard University dan Colombia University yang menyediakan resources terkait case method ini ” Ujar Guspatni. (EY/ Jurusan Kimia).