!-- -->
Jurusan Matematika
Diposting tanggal: 31 Oktober 2011

A. Visi

Menjadikan jurusan Matematika FMIPA UNP sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan matematika guna menghasilkan tenaga kependidikan dan ilmuwan yang profesional, beriman, bertaqwa dan mempunyai reputasi di tingkat nasional maupun internasional.

B. Misi

Misi jurusan Matematika FMIPA UNP adalah untuk meningkatkan :

  • keimanan danketaqwaan kepada Tuhan YME
  • budi pekerti, disiplin, dan rasa tanggung jawab
  • iklim akademik yang kondusif
  • mutu lulusan tenaga kependidikan dan ilmuwan
  • peranan sebagai fasilitator belajar sepanjang hayat
  • lulusan yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan anggota masyarakat.
  • kerjasama dengan pihak lain dala bidang penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  • kegiatan penelitian matematika dan  pengajarannya untuk menunjang proses pembelajaran, pengembangan, dan penerapan matematika
  • Kegiatan-kegiatan yang mendukung pembumian matematika, sehingga kesan masyarakat yang beranggapan bahwa sulitnya matematika dapat diminimalkan.

 

C. Tujuan

Tujuan jurusan Matematika FMIPA UNP adalah untuk menghasilkan sarjana yang memiliki keunggulan kompetitif dan komperatif sesuai standar mutu nasional maupun internasional.

 

D. Program Studi

Jurusan Matematika FMIPA UNP memiliki tiga program studi, yakni program studi Pendidikan Matematika, program studi Matematika dan DIII Statistik

 

Beban Studi

Untuk menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusanMatematika, mahasiswa diwajibakan telah lulus mata kuliah sekurang-kurangnya 144 sks yang meliputi mata kuliah wajib (127 sks untuk program studi Pendidikan Matematika, dan 177 sks untuk program studi Matematika) dan mata kuliah pilihan.

1. Matakuliah Wajib

Mata kuliah wajib terdiri dari atas mata kuliah - mata kuliah yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa. Untuk mengambil suatu mata kuliah diperlukan syarat-syarat tertentu (prerequesite, atau syarat lainnya). Hendaknya hal ini menjadi perhatian mahasiswa.

2. Mata kuliah Pilihan

Mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia tiap semester. Namun demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, dalam memilih mata kuliah pilihan diharapkan mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saran dosen pembimbing akademik.