!-- -->
Jurusan Fisika

A. Visi Jurusan Fisika

Pada tahun 2020 Jurusan Fisika FMIPA UNP menjadi pusat pengembangan pendidikan dan bidang-bidang fisika yang strategis berlandaskan iman dan taqwa serta menghasilkan lulusan berkemampuan akademik tinggi, profesional, kompetitif, mandiri, marketibel diakui secara nasional dan regional.

 

B. Misi Jurusan Fisika

  • Membentuk manusia seutuhnya (beriman, bertaqwa, berilmu) dan melek teknologi.
  • Melaksanakan dharma pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan ilmiah yang baik, dan mampu menghadapi masa depan yang serat dengan perubahan dan kecanggihan teknologi.
  • Mengembangkan kelompok bidang penelitian yang ada di Jurusan Fisika dalam melaksanakan dharma penelitian agar mampu melaksanakan penelitian pendidikan fisika dan penelitian dasar bidang fisika serta terapannya secara terintegrasi bertaraf nasional dan regional.
  • Mengembangkan model pengajaran fisika, ilmu fisika dan teknologi (IPTEKS).
  • Mengupayakan agar fisika dikenal dan dihargai oleh seluruh lapisan masyarakat dalam penerapan model pembelajaran fisika, penerapan fisika untuk kesejahteraan masyarakat dalam rangka melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

 

C. Tujuan Jurusan Fisika

  • Mengembangkan program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika agar menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat Nasional dan Regional.
  • Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan fisika dan sarjana fisika yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai seorang tenaga pendidik dan ilmuwan fisika.
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif serta menguasai ilmu fisika secara konprehensif, mantap, mendalam sehingga dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan tersebut.
  • Membentuk kepribadian mahasiswa yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap dengan berbagai situasi yang perubahan yang terjadi.
  • Meningkatkankan iklim akademik yang kondusif dan sehat dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan dan penelitian pendidikan fisika dan ilmu dasar bidang fisika dan terapannya secara terus menerus.
  • Meningkatkan kegiatan pendidikan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia dan alam untuk menunjang tercapainya misi jurusan Fisika.

 

D. Kompetensi Lulusan

Kepesatan perkembangan teknologi dan sains serta kompleksnya permasalahan pendidikan Fisika dan datangnya era globalisasi di awal abad ini menempatkan pendidikan fisika pada posisi yang strategis, bukan saja sekedar untuk pengembangan pengajaran fisika dan ilmu fisika, malainkan juga ikut aktif menyiapkan kader-kader bangsa agar dapat berkiprah di dunia bebas dan modern. Sejalan dengan itu, jenjang program sarjana pendidikan fisika yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1) Memiliki akhlak seorang ilmuwan dan seorang insan beriman dan bertaqwa, warga negara yang bertanggungjawab terhadap agama, bangsa dan negara dan kemanusiaan dalam hal mengamalkan ilmu.

2) Memiliki dasar keilmuan dan metodologi fisika yang kokoh untuk bertumbuh mengikuti kemajuan zaman dan aktif dalam pengajaran fisika serta pengembangan fisika.

3) Memiliki kemampuan untuk adaptasi dan menang dalam bersaing dalam era globalisasi.

4) Memiliki pola pikir yang logis, sistematis untuk merumuskan dan memecahkan masalah yang dihadapi dan memiliki kepekaan terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.

5) Memiliki akhlak seorang pendidik dalam hal mengajarkan kebenaran, mamupuk rasa ingin tahu, terbuka dan jujur.

Lulusan program Sarjana pendidikan Fisika dan Fisika mampu :

1) menjadi seorang guru yang kreatif memecahkan permasalahan pendidikan dan pengajaran fisika.

2) menjadi seorang pemecah masalah yang kreatif melalui penerapan konsep dan prinsip fisika.

3) memahami metoda mengajar fisika dan metoda ilmiah.

4) Mempunyai kemampuan analisis yang kuat terhadap data hasil pengukuran baik itu data tentang pendidikan dan data pengukuran besaran-besaran fisika lainnya.

5) Menggunakan teknologi informasi dalam penyelesaian masalah pengajaran fisika dan kajian fisika.

6) memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan gagasannya baik secara lisan dan tulisan.

7) kemampuan berkerja dalam kelompok (team-work)

8) melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.