Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:27:31 WIB
Penyelenggaraan Workshop Artikel Ilmiah untuk Author di Jurnal EduKimia oleh Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP
Diposting oleh : Feiyska
Kategori: Jurusan Kimia - Dibaca: 822 kali

Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP mengadakan workshop untuk calon author pada Sabtu, 05 Oktober 2019 di ruangan ICT FMIPA UNP. Acara ini dihadiri oleh 21 orang peserta yang berasal dari berbagai macam angkatan, dari 2013, 2014, 2015, 2016 bahkan 2018. Selain para peserta, acara ini juga dihadiri oleh Ifan Rivaldo, S.Pd., Annisa Dewi Pangestuti, M.Si., Eka Yusmaita, M.Pd. (Editor in Chief Jurnal EduKimia), Alizar, S.Pd., M.Sc., Ph.D (Ketua Program Studi Pendidikan Kimia sekaligus Ketua Jurusan Kimia), serta Dr. Yulkifli, M.Si (Dekan FMIPA UNP) yang sekaligus membuka acara ini. Dalam pembukaannya, dekan juga menyampaikan pesan kepada peserta untuk mengikuti acara ini dengan baik, agar ke depannya peserta mahir menggunakan aplikasi reference seperti Mendeley serta mudah untuk memahami tata cara publikasi menggunakan OJS.

Pada saat registrasi workshop ini,  peserta diminta untuk mengisi angket pada link Google Form yang telah disediakan. Angket tersebut menyatakan seberapa besar pengetahuan mereka terhadap fitur track change di Microsoft Word, aplikasi reference manager serta pemanfaatan beberapa situs-situs direktori jurnal di internet. Berdasarkan data tersebut, diperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya:

- Sebanyak 94,44% peserta menyatakan bahwa mereka tidak mengetahui bahwa ada fitur track change pada aplikasi Microsoft Word. Artinya, mayoritas peserta workshop belum memanfaatkan fitur ini selama  perkuliahan.

-  Sebagian besar peserta (90%) menyatakan telah memiliki draft artikel yang akan dipublikasikan. Sebagian besar peserta menyatakan bahwa mereka lebih familiar dengan situs direktori jurnal seperti Google Scholar (72,73%), dibandingkan rivalnya seperti Elsevier, ProQuest, Garuda, PubMed, Science Direct serta Springer Link.

- Terakhir, dua pertiga peserta menyatakan belum pernah menggunakan aplikasi reference manager. Peserta yang pernah menggunakan aplikasi tersebut juga lebih familiar dengan aplikasi EndNote (83,33%) dibandingkan Mendeley (33,33%) serta ReadCube dan fitur bawaan Microsoft Word (16,67%).

Pada workshop ini, materi disampaikan oleh dua orang pemateri, yakni Fitri Amelia, Ph.D dan Adli Hadiyan Munif, S.Pd. Pemateri pertama (Fitri Amelia, Ph.D) menyampaikan materi mengenai pemanfaatan direktori jurnal (Google Scholar, PubMed serta Garuda), pemanfaatan fitur track change pada Microsoft Word serta pemanfaatan aplikasi Mendeley sebagai reference manager. Sedangkan pemateri kedua (Adli Hadiyan Munif, S.Pd) menyampaikan sistematika publikasi menggunakan sistem Open Journal System (OJS) terutama pada situs Jurnal EduKimia.

edukimia

Pemateri pertama sedang memaparkan garis besar materi yang akan disampaikan kepada peserta

 

Setelah pelaksanaan kegiatan workshop, peserta diminta kembali untuk mengisi formulir tanggapan (feedback). Formulir ini bertujuan untuk mendata tingkat kepuasan peserta dari segi isi materi, penyampaian/pemaparan materi, diskusi/tanya-jawab, praktik, serta aplikasi dan fitur yang digunakan. Berdasarkan data yang diperoleh dari formulir tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa:

- Dari segi isi materi, rata-rata tingkat kepuasan peserta adalah 86,25%. Peserta merasa puas terhadap keterorganisiran (88%) serta kerelevanan materi (87%). Bahkan peserta juga merasa bahwa materi tersebut telah cukup membantu mereka dalam menulis artikel ilmiah serta publikasi pada sistem OJS, khususnya Jurnal EduKimia (83%). Setelah mengikuti workshop ini, peserta merasa bahwa materi yang diberikan akan memudahkan mereka dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa lain terkait penulisan artikel dan publish jurnal OJS (87%).

- Dari segi penyampaian/pemaparan materi, peserta merasa sangat puas terhadap pemateri karena sangat memahami materi yang dipresentasikan (94%) serta dapat mempresentasikan isi materi dengan baik, mudah dimengerti serta diimplementasikan (86%).

- Dari segi diskusi/tanya-jawab, peserta merasa puas dengan jawaban dari pemateri (89%) serta sesi diskusinya telah sangat membantu meningkatkan pemahaman peserta (87%). Namun, di sisi lain, peserta hanya merasa cukup puas terhadap alokasi waktu yang diberikan pada sesi diskusi yang disediakan (75%).Hal ini terbukti dari banyaknya saran dari peserta untuk menambah waktu workshop ke depannya.

- Dari segi aplikasi dan fitur yang digunakan:

  1. Peserta menyatakan bahwa mereka memahami penggunaan direktori Google Scholar (100%) dibandingkan Garuda (80%), kemudian PubMed (70%) dan DOAJ (5%).
  2. Berdasarkan materi fitur track change, peserta sudah memahami cara mengaktifkan track change (95%), memberikan komentar (80%), membalas komentar (60%), menghapus komentar (75%) dan menerima/menolak perubahan (55%)
  3. Berdasarkan materi Mendeley, peserta sudah memahami cara melakukan sitasi (90%), membuat daftar pustaka otomatis tergantung stylenya (70%), menambahkan entri secara manual (80%), menambahkan entri secara otomatis (menggunakan file XML/RIS/EndNote/dsb) (55%), menambahkan entri secara otomatis (menggunakan file jurnal/buku/situs) (70%).
  4. Dari sistematika publikasi, peserta menyatakan bahwa mereka telah memahami melakukan submisi naskah (75%), melihat progress naskah sebelum direview oleh reviewer (80%), melihat komentar dari reviewer (70%), mengupload file revisi setelah direview oleh reviewer (60%), melihat progress naskah sebelum dipublikasi (70%), melihat status naskah apakah pembayaran sudah dilakukan atau belum (75%), melihat status naskah apakah sudah dipublikasikan atau belum (55%).


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)