Senin, 01 April 2019 - 14:27:58 WIB
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi UNP Adakan Seminar Akademik
Diposting oleh : Feiyska
Kategori: Jurusan Biologi - Dibaca: 1024 kali

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan seminar akademik Jurusan Biologi 2019.

Acara berlangsung di gedung auditorium FMIPA UNP (31/3/2019) dengan tema "The Existance of Student Collage Resource in Industry 4.0". Dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FMIPA, Dr. Hardeli, M.Si., peserta pada seminar akademik ini adalah 266 mahasiswa Jurusan Biologi TM 2018.

Acara juga dihadiri oleh Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi, Pembina HMJ Biologi, dosen, dan seluruh perwakilan organisasi mahasiswa selingkungan FMIPA UNP.

Ketua Pelaksana, Indra Putra, menyampaikan bahwa acara ini merupakan agenda tahunan dari HMJ Biologi dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP. Dia menyampaikan bahwa, dengan diadakannya acara ini, mahasiswa Jurusan Biologi TM 2018 diharapkan mampu menghadapi era revolusi industri 4.0 serta memanfaatkannya demi kemajuan pengembangan ilmu Biologi.

Sementara Itu, Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Drs. Ardi, M.Si, menjelaskan bahwa seminar akademik merupakan suatu kegiatan yang mampu mengasah nalar berpikir sehingga mahasiswa bisa  berargumentasi dengan dasar-dasar yang jelas dan  kuat. Alhasil, mahasiswa pun bisa menjadi akademisi yang handal di bidangnya.

"Oleh karena itu, kita sebagai insan akademik tidak boleh hanya sekedar ikut-ikutan, tetapi harus berdasarkan dasar argumentasi yang jelas," ujarnya. Ardi juga berharap agar seminar akademik ini mampu menumbuhkembangkan nuansa akademik di lingkungan FMIPA UNP.

WD III FMIPA UNP, Dr. Hardeli, M.Si., dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sudah memasuki era revolusi 4.0. Oleh karena itu, mahasiswa harus mempersiapkan diri. Hal ini dikarenakan banyaknya lapangan pekerjaan yang hilang.

Dia mencontohkan bahwa, pada saat dia kuliah dulu, bekerja sebagai pegawai bank sangat "wah". Tetapi, pada saat ini cabang kantor bank banyak yang ditutup. Banyak pegawai bank yang tidak bisa bekerja karena hilangnya lapangan pekerjaan mereka tersebut.

Di bidang pendidikan, sudah muncul Ruang Guru, sebuah aplikasi belajar dengan konten tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, dan, SMA sesuai dengan kurikulum nasional.  Di dalam aplikasi ini terdapat video, latihan soal, les privat, tryout, yang bisa diakses dari smartphone. Alhasil, lapangan pekerjaan bagi guru bimbingan belajar konvensional pun menjadi berdampak.

"Melalui seminar akademik ini, mahasiswa diharapkan mampu mampu mempersiapkan diri agar setelah kuliah mau jadi apa," jelasnya. (Fakhru)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)