Rabu, 13 Maret 2019 - 09:55:12 WIB
Focus Group Discussion (FGD) Expected Learning Outcome (ELO) dengan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (S1) FMIPA UNP
Diposting oleh : Adli
Kategori: Jurusan Kimia - Dibaca: 4440 kali

 

AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) adalah suatu kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan oleh AUN (ASEAN University Network) untuk menjamin mutu program studi universitas agar mencapai standar mutu pada tingkat ASEAN. Pada tahun 2018, program studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP terpilih sebagai salah satu program studi di Universitas Negeri Padang untuk mempersiapkan diri agar dapat terakreditasi oleh AUN pada tingkat ASEAN di tahun 2019. Sebelumnya, program studi Pendidikan Kimia (S1) telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2015 dan juga dinobatkan sebagai jurusan terbaik di Universitas Negeri Padang.

Salah satu langkah yang perlu ditempuh program studi pendidikan kimia untuk memperoleh sertifikasi AUN-QA ialah dengan meminta dan menampung masukan dari responden yang berasal dari stakeholder yang terkait dengan program studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP. Masukan dari responden-responden ini kemudian akan digunakan untuk merevisi hal-hal yang belum baik serta menambah hal-hal yang belum ada pada program studi pendidikan kimia.

Untuk mendapatkan data dari responden tersebut, diadakan suatu acara bertajuk Focus Group Discussion (FGD) Expexted Learning Outcome (ELO) dan Kurikulum Pendidikan Kimia bersama mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Kimia (S1) FMIPA UNP. Pada kesempatan ini, mahasiswa/i yang terdiri dari berbagai angkatan ini bertindak sebagai responden, dimana hasil yang diperoleh akan digunakan sebagai sumber data untuk progress akreditasi Program Studi Pendidikan Kimia (S1) oleh AUN-QA ke depannya.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan I FMIPA UNP dan presentasi Focus Group Discussion (FGD) dengan mahasiswa mengenai Expected Learning Outcome (ELO) dan Kurikulum Pendidikan Kimia dari salah seorang perwakilan dari tim akreditasi AUN-QA pada program studi Pendidikan Kimia FMIPA UNP. Seusai presentasi, mahasiswa/i yang hadir kemudian diberikan lima macam angket. Kelima angket tersebut ialah angket yang terkait kurikulum, sarana prasarana, serta pelayanan akademik.

Collage Dokumentasi FGD ELO Kurikulum Pendidikan Kimia

Searah jarum jam: tim membagikan angket kepada responden, grup mahasiswa sedang melakukan FGD ELO terkait RPS yang diberikan, pembukaan acara dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembukaan acara oleh Wakil Dekan I FMIPA UNP



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)