Jumat, 06 Juli 2018 - 09:47:29 WIB
Workshop Penulisan Artikel Untuk Jurnal International Bagi Dosen Matematika
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Matematika - Dibaca: 263 kali

Sebagai salah satu upaya peningkatan publikasi ilmiah international, Jurusan matematika mengadakan workshop penulisan artikel untuk jurnal international bagi dosen dengan kelompok keahlian pembelajaran. Kegiatan tersebut mendatangkan nara sumber Prof. Dr. Maarten Dolk dari Utrecht University, Netherlands. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 juli 2018 di ruang sidang matematika FMIPA UNP

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh dosen Jurusan Matematika. Hal itu terlihat dari antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan. Terjadi diskusi yang menarik antara peserta dengan nara sumber tentang bagaimana menulis artikel yang baik agar diterima di jurnal international.

Pada kegiatan tersebut, Maarten menyampaikan agar tercipta suatu artikel yang baik, penulis harus mampu menampilkan hubungan yang kuat antara pertanyaan penelitian dengan metodologi serta hasil riset yang memberikan kontribusi kepada ilmu pengetahuan. Artikel yang ditulis harus mampu menjelaskan bagaimana metodologi dapat menjawab pertanyaan penelitian secara komprehensif.  Penulis harus membuat artikel dengan alur yang menarik dengan hubungan yang logis antara, latar belakang, pertanyaan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian.

Selain itu, agar dapat diterima di jurnal international, penulis harus menentukan target jurnal yang ingin dituju dan mengetahui siapa pembaca potensial jurnal tersebut, isu-isu apa yang dibahas di jurnal. Selain itu, pentingnya mengutip hasil-hasil penelitian yang telah diterbitkan di jurnal yang ingin dituju dan menyatakan bahwa artikel yang ditulis dapat memberikan kontribusi bagi topik-topik inti yang sedang mereka bahas.

Workshop Activity Workshop Activity

 

Sumber : Fridgo Tasman, S.Pd., M.Sc



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)