!-- -->
Selasa, 29 November 2016 - 14:37:02 WIB
KEGIATAN DARLING (SADAR LINGKUNGAN) MAHASISWA BIOLOGI UNP 2016
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Biologi - Dibaca: 4435 kali

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan acara Sadar Lingkungan (Darling), di jorong Pariangan, nagari Pariangan Batusangkar, kabupaten Tanah Datar. Acara yang dilaksanakan di tempat api PORPROV diambil ini dan slah satu desa terindah di dunia berlangsung selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu (11-13 November 2016). Mengusung tema Biologi Goes To Villages, Abdi Mahasiswa dalam Mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi dalam Rangka Mensejahterakan Umat Manusia.

Ketua pelaksana, Threo Wanda Marten menyampaikan bahwa peserta Darling tahun ini sebanyak 404 orang yang merupakan mahasiswa TM 2015 dan 2016. Acara ini bertujuan untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat. “Bentuk pengabdian yang dilaksanakan adalah tes gula darah, tes kolesterol, pembagian bibit (mahoni, surian, durian, bawang dayak, petai, matoa, manggis dan sirsak), pembuatan pupuk organik, pembuatan taman Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan juga pengenalan media pembelajaran,” ujarnya.

Pembina HMJ Biologi, Rahmadhani Fitri, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Pariangan atas izin yang diberikan sehingga Darling dapat terlaksana. “Semoga acara ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya. Wali Nagari Pariangan, Mulkhairi, S.Pd, M.Si., mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan pihak kampus yang akan melakukan pengabdian masyarakat. Pemerintah Nagari Pariangan berharap kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar terutama mengenai ilmu pertanian, karena hampir seluruh masyarakat bekerja sebagai petani. Selain itu, Mulkhairi juga berharap dengan kegiatan ini terjalin silaturahmi yang baik antara masyarakat Pariangan dengan mahasiswa biologi UNP.

Hari pertama pendirian tenda oleh pionir,dilanjutkan pembukaan oleh ketua Jurusan Biologi, yang diwakili oleh Pembina HMJ Biologi, Ibu Rahmadhani Fitri, M.Pd. Dihadiri juga oleh Wali Nagari, Ketua Pemuda setempat, Tim pionir beserta panitia pelaksana. Hari kedua merupakan puncak dari kegiatan ini,yaitu pengabdian masyarakat yang dimulai jam 08.00 WIB dengan kegiatan tes gula darah, tes kolesterol, pembagian bibit (mahoni, surian, durian, bawang dayak, petai, matoa, manggis dan sirsak), pembuatan pupuk organik, pembuatan taman Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan juga pengenalan media pembelajaran. Hari ketiga adalah penutupan oleh ketua Jurusan Biologi yang sekaligus penyerahan kenang kenangan kepada pemuda setempat berupa plakat dan bola kaki. Mudah-mudahan untuk kedepannya melalui kegiatan ini, kita bisa menciptakan kepedulian terhadap lingkungan dan menjaga lingkungan agar tidak rusak.

Foto - foto Kegiatan Darling Biologi 2016

Foto-foto Kegiatan Darling Biologi 2016

Sumber Foto : Tim Dokumentasi Darling 2016

Sumber Berita : Ganda Hijrah Selaras

 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)