!-- -->
Kamis, 03 Maret 2016 - 15:42:38 WIB
MATEMATIKA BARALEK GADANG : Seminar Nasional Matematika dan Statistika & Musyawarah Nasional Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia Tahun 2016
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Matematika - Dibaca: 18403 kali

Mengawali tahun 2016 ini Jurusan Matematika “baralek gadang”. Kenapa tidak, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Nasional Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (MUNAS FORSTAT) 2016 yang merupakan wadah silaturrahim dan wadah kerjasama bagi semua perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan tinggi untuk jurusan/ program studi Statistika. Tidak hanya Munas ini saja, Jurusan Matematika FMIPA UNP juga melaksanakan Seminar Nasional Matematika dan Statistika dimana ini merupakan seminar nasional pertama di Jurusan berbendera merah tersebut.

KMunas FORSTATegiatan yang direncanakan akan menjadi agenda rutin Jurusan Matematika ini berlangsung selama 3 hari, yang diawali dengan kegiatan MUNAS FORSTAT 2016. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis/ 25 Februari 2016 yang dimulai dengan pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA UNP dan dihadiri oleh Ketua Forstat , Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNP dan peserta yang berjumlah  lebih kurang 80 delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sementara untuk sesi malamnya pada hari yang sama semua tamu undangan mendapatkan kehormatan dari pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk hadir dalam acara Gala Dinner dan malam Pergelaran Seni Budaya Minangkabau yang bertempat di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat. Dalam acara tersebut terlihat hadir Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc ; Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram, yang didampingi oleh Wakil Rektor I dan Wakil Dekan FMIPA UNP; dan yang teristimewa yaitu Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Dr. Suryamin, M.Sc, yang didamping Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat.

                Dalam sambutannya Rektor Universitas Negeri Padang sangat bangga dGala dinnerengan pelaksanaan kegiatan bertajuk ilmiah seperti ini. Kebanggan yang luar biasa bisa menjadi tuan rumah pada MUNAS FORSTAT 2016 ini, dan beliau juga berharap kegiatan seperti ini tetap berjalan secara simultan.  Senada dengan itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat sangat senang karena dikunjungi oleh para pakar matematika dan statistika seluruh Indonesia, dan juga diharapkan menjadi ajang promosi wisata daerah. Kegiatan ini juga diisi dengan penampilan kesenian oleh Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang.

                Sementara itu Seminar Nasional Matematika dan Statistika dilaksanakan keesokan harinya/ Jum’at 26 Februari 2016 di gedung Lembaga Penjamin MutuSeminar Nasional Matematik dan Statistika Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Negeri Padang, kemudian dilanjutkan dengan sesi seminar utama oleh 3 orang keynote speaker yang berlangsung dalam 3 sesi. Untuk sesi pertama disampaikan oleh Dr. Suryamin, M.Sc dengan topik “Penggunaan Statistika Pemerintahan dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa” dengan moderator Dr. Armiati, M.Pd. Sementara untuk sesi kedua dipaparkan oleh Prof. Dr.Ir. Khairil Anwar Notodiputro, M.S (Guru Besar Ilmu Statistik Institut Pertanian Bogor) dengan topik “Analisis Statistik untuk Large Scale Data” dan yang bertidak sebagai moderator Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph. D, dan untuk sesi terakhir yaitu Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc (Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang) dengan topik “Peranan Desain Riset dalam Pembelajaran Matematika” dan yang bertindak sebagai  Moderator yaitu  Dr. Yerizon, M.Si., dan selanjutnya disambung dengan kegiatan seminar paralel yang disampaikan oleh peserta Seminar Nasional . Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 200 peserta yang berasal dari dalam dan luar Sumatera Barat.

                Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan ini yaitu Wisata Budaya dan Kuliner yangTour dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2016. Sebagai rute pada wisata kali ini yaitu Padang – Solok – Danau Singkarak – Istano Basa Pagaruyung – Bukittinggi – Padang Panjang dan terakhir Padang. Para peserta tour sangat senang dan menikmati perjalanan. Bapak Anang selaku ketua FORSTAT dari IPB yang juga dalam kegiatan ikut berkomentar “perlu waktu lebih dari 3 tahun untuk dapat melupakan kenangan di Sumatera Barat”. Hal ini menjadi kebanggaan dan kepuasan bagi semua panitia yang terdiri dari Dosen Jurusan Matematika, pegawai , dan mahasiswa Jurusan Matematika yang dikomandoi Bapak Drs. Syafriandi, M.Si, karena sudah menjadi komitmen bagi semua panitia untuk memberikan layanan terbaik kepada semua tamu undangan. Selain itu tidak lupa pula panitia mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan yaitu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, Bank Nagari, SAS, Bank BNI, Semen Padang, dan pihak lainnya.

Oleh : Heru Maulana, S.Pd, M.Si

Staf Pengajar Jurusan Matematika FMIPA UNP



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)