!-- -->
Senin, 03 November 2014 - 10:06:52 WIB
Workshop Penggunaan Software Bahasa R dalam Analisis Statistika
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Matematika - Dibaca: 14543 kali

Statistika merupakan cabang  ilmu dalam  matematika yang berkembang pesat hingga saat ini, baik itu secara aplikasi maupun secara analitis. Perkembangan  inilah yang menuntut kemutakhiran  terhadap software dalam bidang statistik . Salah satu software bahasa yang digunakan dalam menganalisis data statistik adalah bahasa R. Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Padang sebagai salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan dalam bidang  statistik, berusaha untuk terus mengikuti perkembangan ini, salah satunya kegiatan pelatihan bahasa R. Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Yerizon, M.Si ini mengambil judul “Pelatihan Penggunaan Bahasa R dalam Analisis Statistika”.Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemahiran dalam menggunakan software statistika untuk keperluan pengolahan dan analisis data bagi Dosen perguruan tinggi di Sumatera Barat, khususnya bagi staf pengajar jurusan matematika FMIPA UNP.

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 22 dan 23 oktober 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas MIPA diantaranya Dekan FMIPA UNP, Prof. Dr. Lufri, M.S yang didampingi oleh pembantu dekan III, Drs. Amrin, M.Si, staff pengajar jurusan matematika FMIPA UNP dan beberapa orang dosen perwakilan dari perguruan tinggi lain yang terdapat di Sumatera Barat seperti IAIN Imam Bonjol, STKIP PGRI, Universitas Bung Hatta, dan STAIN Batusangkar. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Dekan FMIPA UNP. Dalam sambutannya, bapak dekan memberikan apresiasi yang tinggi kepada jurusan matematika yang selalu aktif mengupdate perkembangan terbaru dari segi keilmuan, dimana sebelumnya telah sukses dalam pelaksanaan workshop penyempurnaan kurikulum berbasis KKNI. Dekan juga berharap dari kegiatan ini akan  memberikan dampak positif terhadap kemajuan keilmuan statistika di FMIPA UNP dan Jurusan Matematika bisa berbagi terhadap apa yang diperoleh dengan jurusan lain, karena sebagai mana diketahui bahwasanya semua disiplin ilmu membutuhkan statistika dalam menganalisis data.

Sebagai  pemateri dalam kegiatan  ini adalah Dr. Farit Mochammad Afendi yang merupakan staf pengajar di Departeman Statistika, Institut Pertanian Bogor. Dalam presentasinya, beliau memperkenalkan tentang bahasa R, penggunaannya, keunggulannya, serta bagaimana cara membuat programnya. R merupakan sebuah paket dan sekaligus bahasa pemrograman untuk analisis data dan grafik. R merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (hight level programming). yang dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman  di Universitas Auckland, Selandia Baru. R menyediakan berbagai teknik statistika (permodelan linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya) serta grafik R. Banyak keunggulan yang ditawarkan  oleh  software  ini,  misalnya  bersifat  multiplatforms  (tersedia  untuk  sistem operasi  Windows,  Linux,  Macintosh  dan  Unix),  reliabilitas  dari  software  yang  baik,  ketersediaan update dan library yang lengkap, fasilitas help untuk user yang bersifat free  of charge, dan lain-lain.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut ini mendapat tanggapan positif dari semua peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang laboratorium komputasi matematika dengan tujuan agar  peserta dapat langsung mempraktikan apa yang disampaikan oleh pemateri, sehingga peserta mengetahui secara langsung siyntax-syntax yang digunakan dalam bahasa R ini.  Kegiatan ini resmi ditutup pada jam 12.15 WIB oleh ketua  jurusan matematika FMIPA UNP, Dr. Armiati, M.Pd, dengan  harapan  supaya pengetahuan baru ini dapat dikembangkan dan bisa bermanfaat terutama dalam proses perkuliahan dan pengolahan data penelitian.

Foto-foto Kegiatan Workshop Penggunaan Software Bahasa R di Lab. Komputer Jurusan Matematika :

Foto-foto kegiatan Workshop Penggunaan Software Bahasa R

 

Sumber : Heru Maulana, S.Pd., M.Si

Foto : Julianto



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)