!-- -->
Selasa, 14 Oktober 2014 - 09:57:43 WIB
Workshop Penyempurnaan Kurikulum KKNI Jurusan Matematika FMIPA UNP
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Matematika - Dibaca: 4335 kali

Sabtu(11/10). Seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman, maka dibutuhkan pula perubahan terhadap kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga apa yang dibutuhkan saat ini hendaknya dapat di cover  oleh kurikulum yang dibuat. Penyempurnaan inilah yang dilaksanakan oleh jurusan matematika FMIPA UNP berupa kegiatan yang berupaya untuk menyempurnakan kurikulum yang tengah dipakai saat ini yakni kurikulum yang mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kegiatan yang diketuai oleh Dr. H. Irwan, M,Si ini mengambil judul : “Workshop Penyempurnaan Kurikulum KKNI”. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dosen tentang KKNI serta dapat menyempurnakan kurikulum jurusan matematika FMIPA UNP.

Pemateri pada kegiatan workshop ini adalah Dr. Ali Mahmudi, M.Pd ketua program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, yang telah banyak terlibat dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada KKNI di tingkat nasional, terutama untuk jurusan matematika. Dalam paparannya beliau menyampaikan isu-isu terbaru terkait kurikulum KKNI. Perubahan kurikulum mengacu pada perubahan kurikulum di tingkat sekolah, yaitu kurikulum 2013 dan tetap berpedoman pada SNPT (Standar Nasional Pebdidikan Tinggi) No 49 tahun 2014 dan KKNI. Perubahan utama terjadi pada komponen-komponen capaian pembelajaran.  Sebelumnya, komponen tersebut hanya mengacu pada diskriptor KKNI, yaitu kemampuan kerja, pengetahuan, dan kemampuan manajerial. Pada perkembangan terbaru, perubahan capaian pembelajaran dikaitkan dengan komponen sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terdapat dalam SNPT No. 49 tahun 2014, namun tetap memperhatikan aturan-aturan dalam KKNI.

Workshop penyempurnaan kurikulum KKNI ini dilaksanakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNP selama 2 hari yaitu pada tanggal 11 dan 12 oktober 2014. Kegiatan ini secara resmi dihadiri oleh pimpinan Fakultas MIPA diantaranya Dekan FMIPA UNP, Prof. Dr. Lufri, M.S yang didampingi oleh pembantu dekan I, Dr. Yulkifli, M.Si serta pembantu dekan II, Drs. H. Yarman, M.Pd dan Staff pengajar jurusan matematika FMIPA UNP. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Dekan FMIPA UNP. Dalam sambutannya, bapak dekan mengharapkan dari kegiatan ini akan terjadi perubahan ke arah lebih baik dalam hal penyempurnaan kurikulum KKNI dalam rangka persiapan menghadapi penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi. Bapak dekan juga mengharapkan matematika bisa menjadi contoh untuk jurusan lain dalam hal penyempurnaan kurikulum KKNI, dimana FMIPA merupakan pioneer di UNP dalam mengembangkan kurikulum KKNI.

Dalam kegiatan ini terlihat antusias yang tinggi dari peserta seminar, dimana banyak muncul petanyaan-pertanyaan dari peserta, yang membuat diskusi bersama pemateri menjadi sangat aktif. Hal ini juga didukung oleh jumlah peserta yang hadir tergolong tinggi. Selanjutnya para peserta workshop dibagi atas 3 kelompok, yaitu prodi pendidikan matematika, prodi matematika, dan prodi statistika, tiap kelompok dipimpin oleh ketua masing-masing program studi. Setiap kelompok berdiskusi untuk memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum KKNI yang telah disusun sebelumnya.

Pada hari kedua kembali dimulai dengan sesi Tanya jawab dengan pemateri kemudian dilanjutkan dengan diskusi pada tiap-tiap kelompok. Selanjutnya tiap kelompok memaparkan hasil diskusi yang telah dibuat, untuk kemudian ditanggapi oleh pemateri dan semua peserta workshop.

Kegiatan ini resmi ditutup pada jam 12.00 WIB oleh ketua jurusan matematika FMIPA UNP, Dr. Armiati, M.Pd, dengan harapan akan tercapainya kesempurnaan dan perbaikan terhadap kurikulum yang digunakan saat ini.

Foto-foto kegiatan Workshop Penyempurnaan Kurikulum KKNI Jurusan Matematika :

Kegiatan Workshop KKNI Jurusan MAtematika

 

Sumber : Heru Maulana, M.Si

Foto oleh : Julianto



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)