!-- -->
Kamis, 17 Oktober 2013 - 09:08:48 WIB
IMPLEMENTASI PERANGKAT PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Fisika - Dibaca - : 6260 kali

Implementasi Perangkat Penilaian pada  Pembelajaran Fisika 

FMIPA Universitas Negeri Padang

(Kurikulum Berbasis Kompetensi Mengacu Deskripsi KKNI)

 

Prof. Dr. Festiyed, MS *)

Jurusan Fisika FMIPA UNP Padang

Hp.08126742403 dan E-mail festiyed@ymail.com

 

 

PENDAHULUAN

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional selalu menjadi prioritas utama, antara lain melalui Undang-Undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU nomor 12 tahun 2012 tetang pendidikan,  peraturan pemerintah nomor 8tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka kualifikasi nasional indonesia). KKNI merupakan acuan dan pedoman dalam mengembangkan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pemerintah tidak lagi menetapkan kurikulum inti tetapi perguruan tinggi sendiri yang mengembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, karakteristik, kebutuhan potensi peserta didik, masyarakat dan lingkungannya.

Pengimplementasian kurikulum dimulai dari Pembuatan perangkat berupa pengembangan  Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP), Satuan Acara Perkuliahan (SAP), perancangan model pembelajaran, media dan penilaian proses pembelajaran. GBPP merupakan penjabaran lebih lanjut dari learning outcomes (LO) menjadi indikator, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran dan penilaian. SAP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk setiap pertemuan telah dijabarkan dalam GBPP. Berdasarkan uraian di atas, maka pengembangan indikator merupakan langkah strategis dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dan pencapaian LO peserta didik. Pencapaian LO berhubungan dengan model, media dan rubric penilain yang diterapkan.

Hasil analisis mutu pembelajaran melalui GBPP, SAP, dan lembar penilaian yang digunakan dosen dalam pembelajaran di jurusan Fisika FMIPA UNP menunjukkan, (1) rumusan kompetensi pembelajaran kebanyakan memuat  aspek kognitif, (2) penilaian pembelajaran belum sesuai dengan kompetensinyan dirumuskan, (3) metode dan media yang digunakan belum menunjang pencapaian kompetensi pembelajaran. Dari proses pembelajaran, pengalaman belajar yang diperoleh di kelas dewasa ini belum utuh dan belum berorientasi pada tercapainya LO secara holistik dan berbasis KKNI. Peserta didik belum dibiasakan untuk mengembangkan semua potensi sesuai deskripsi KKNI. Berdasarkan permasalahan ini tujuan penelitian adalah: (1) Menemukan alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik melalu perangkat penilaian berbasis KKNI. (2) Mengimplementasikan model rubrik penilaian kompetensi peserta didik dalam mengikuti perkuliahan komputer dalam  pembelajaran Fisika.

..............

 

METODE PENELITIAN

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan empat siklus, tiap satu  siklus  terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan(acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Untuk siklus satu dan dua terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus tiga dan empat terdiri dari 4 kali pertemuan. Pada pertemuan 1, 2, dan 3 dilakukan pengamatan dan penilaian berbasis KKNI untuk semua aspek, melalui teknik penilaian sikap dan  kinerja. Pada pertemuan ke 4 diadakan tes ulangan harian melalui teknik penilaian tertulis untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

Subjek penelitian adalah peserta didik yang terdaftar menjadi mahasiswa Fisika semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 35 orang untuk matakuliah komputer dalam pembelajaran Fisika di jurusan Fisika FMIPA UNP Padang. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober sampai  Desember  2012. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan, angket dan rubrik penilaian proses pembelajaran, penilaian sikap dan kinerja. Indikator penilaian sikap: Ingin tahu  (A1), Percaya diri (A2), Tanggung jawab (A3), Disiplin (A4), Teliti (A5),Kerjasama (A6), Mendengarkan penjelasan (A7), Bertanya (A8), Menjawab (A9), Menanggapi (A10). Indikator penilaian kinerja: Melakukan praktikum (K1), Menyimpulkan hasil praktikum (K2), Melakukan presentasi (K3), Menerapkan pengetahuan baru (K4), Menyelesaikan soal-soal  dan permasalahan (K5). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.

...........

 

 

DAFTAR BACAAN

Undang-Undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

UU nomor 12 tahun 2012 tetang pendidikan,

Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka kualifikasi nasional indonesia).

Aljufri B. Syarif. Festiyed, Syakbaniah (2009). Studi peningkatan kemampuan tenaga pendidik dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendikan sekolah menengah di kotamadya padang  sumatera barat. Penelitian,

Festiyed. (2012). Implementasi Model Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI pada  Pembelajaran Fisika  FMIPA Universitas Negeri Padang, Laporan Hasil Penelitian . Universitas Negeri Padang

Festiyed. (2005). Pengembangan  Kurikulum  Fisika FMIPA UNP Beorientasi  Kecakapan Hidup (Life Skill),  Makalah Seminar Kurikulum, Pasca Sarjana UNP Padang

Festiyed.(2006).Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisiska dengan Model PBI (Problem Based Instruction) di Kelas VII.3 SMP N di Padang. Laporan Hasil Penelitian . Universitas Negeri Padang

Popham, W. J. (1995). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Boston: Allyn and Bacon.

Sumiati,dkk.2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Suryo Subroto (1977)

Suwar (2009)

 

Artikel lengkap silahkan unduh di SINI

 

 

 



    Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)