!-- -->
Senin, 03 Oktober 2011 - 15:21:02 WIB
ISOLASI STREOID DARI DAUN TUMBUHAN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.)
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Jurusan Biologi - Dibaca - : 11156 kali

ISOLASI STREOID DARI DAUN TUMBUHAN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.)

 

Sri Benti Etika dan Suryelita

Staf Pengajar Jurusan Kimia FMIPA UNP Padang

 

ABSTRAC

 

Steroid isolation from the leaf of asam jawa plant (Tamarindus indica L.) has been conducted in the chemica laboratory research of MIPA UNP Padang. The aim of this research is to isolate and characterization the steroid compound from the leaf of asam jawa. Isolation conducted by maceration with metahnol during 5 days and fractionation with n-hexana, column, for adsorben used gel silica 60 and n-hexane eluen: acetate athy by SGP, eluen eceom modefed by vials with the volume of 15 mL and monitored wich KLT, the same Rf is joined and lef dry on the air. From the crystalline that has been fomed, the recrystallization is formed wich n-hexane repeatedly unitit if becomes the pure crystal counted 0,063 g (0,15%) with its melting point 140 – 141,80C. Ultraviolet spektrocopy shows the maximum of wavelength 211,1 nm with adsorben 1,534. Spectroscopy infrared shows that steroid has bunch function of OH at 3300 cm-1, C – H at 2850 cm-1, C – O at 1080 cm-1, CH3 1380 cm-1, and CH2 at 1450 cm-1.

 

Key words      :      Isolation, streoid, asam jawa (Tamarindus indica L.), ultra violet, infra red.

 

 

PENDAHULUAN

 

Sumatera Barat merupakan daerah yang subur dan kaya dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Sebagian besar dari tumbuh-tumbuhan tersebut telah digunakan oleh masyarakat sebagai bahan obat-obatan. Pengunaan tumbuhan sebagai obat telah ditetapkan sejak lama oleh nenek moyang kita. Belakangan ini pemakai obat tradisiomal cendrung meningkat karena harganya lebih murah dan efek samping yang ditimbulkan lebih kecil dibanding obat sintesis (Kusuma, 1988 : 3).

Senyawa aktif biologis yang terdapat dalam tumbuhan merupakan senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, steroid, flafonoid, terpenoid, saponin. Para ahli kimia dan farmasi telah banyak melakukan survey fitokimia untuk mendapatkan tumbuhan yang mengandung senyawa metabolit skunder tersebut, diantaranya adalah penelitian tentang tumbuhan yang mengandung senyawa steroid (Suyani,1991: 23-25).

Salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah Sumatera Barat adalah daun asam jawa (Tamarindus indica L.). Dari survey etnobotani serta informasi yang terdapat dalam literatur Tumbuhan Berkasiat Obat Indonesia (Wijayakusuma, 1999:41), daun tumbuhan asam jawa digunakan masyarakat sebagai obat demam, kencing manis, sariawan, eksim, gatal-gatal, sakit kuning, bisul, cacingan dan susah tidur. Hasil pemeriksaan pendahuluan terhadap daun tumbuhan asam jawa (Tamarindus indica L.), dengan pereaksi Liebermen Burchard ternyata daun tumbuhan asam jawa positif mengandung steroid. Hal ini terlihat dengan intensitas warna biru yang dihasilkan.

Senyawa steroid digunakan dalam pengobatan dan kontraseptik, diantaranya sebagai penyembuhan penyakit jantung, pengatur haid, anti peradangan, untuk mengontrol populasi hewan dan keluarga berencana (Achmad, 1986 : 87). Salah satu tumbuhan yang ditemukan mengandung senyawa steroid adalah tumbuhan pepaya (Carica papaya L.), yang mengandung senyawa steroid golongan sterol yaitu ergoste-5-en-3b-01. Daun pepaya (Carica papaya L.), digunakan sebagai obat penyakit beri-beri, malaria, kejang perut, penurun panas dan penambah nafsu makan (Suryelita, 2000 : 70).

Dari penelusuran pustaka melalui chemical abstrak dan agricola tahun 1997 belum ditemukan laporan tentang isolasi stroid dari daun tumbuhan asam jawa (Tamarindus indica L.). Oleh karena itu penulis melakukan penelitian isolasi steroid dari daun tumbuhan asam jawa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi senyawa streoid dari daun tumbuhan asam jawa serta mengkarakterisasi senyawa streoid hasil isolasi. Manfaat penelitian ini antara lain ; memberikan informasi tentang tumbuhan yang mengandung sennyawa streoid dan karakteristik senyawa streoid dari daun tumbuhan asam jawa.



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)