!-- -->
Senin, 03 Oktober 2011 - 15:19:56 WIB
ESTIMASI RELIABILITAS MODEL UJI HIDUP DIPERCEPAT PADA DISTRIBUSI GAMMA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Jurusan Biologi - Dibaca - : 11380 kali

ESTIMASI RELIABILITAS MODEL UJI HIDUP DIPERCEPAT

PADA DISTRIBUSI GAMMA

 

Nonong Amalita, Syafriandi , Fitri Aswin

Staf Pengajar Jurusan Matematika FMIPA UNP Padang

                          

ABSTRACT

       

                The Lifetime that is usually done is a product test on normal condition. Meanwhile on new product development the normal condition test is not effective yet so that accelerated lifetime can be done. This article concerns about how to determine reliability estimation lifetime model to be accelerated on gamma distribution.

                

Key Words :     Gamma Distribution,  Estimate, Reliability, Accelarated Life Time.

 

PENDAHULUAN

 

Analisis data uji hidup merupakan salah satu bagian statistika yang mempelajari daya tahan serta keandalan suatu produk. Dalam percobaan uji hidup yang sederhana, nilai suatu produk yang diuji akan menghasilkan suatu data pengukuran rata-rata hidup suatu produk yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi model statistika yang sesuai bagi distribusi waktu kegagalan.

Dalam pengujian suatu produk, distribusi waktu kegagalan digunakan untuk mengestimasi dan mengidentifikasi parameter. Salah satu distribusi waktu kegagalan yang sering digunakan adalah distribusi Gamma. Distribusi Gamma memiliki salah satu keunikan yaitu memiliki parameter bentuk dan parameter skala (Elsayed, 1996: 312). Selain itu distribusi Gamma memberikan suatu kesimpulan yang sempurna dari cara kerja yang diberikan (Lawless,J.F. 1982: 203).

Setelah dilakukan estimasi parameter, estimasi reliabilitas dari distribusi Gamma dapat dilakukan. Reliabiltas merupakan peluang bahwa komponen akan bekerja pada paling sedikit untuk periode waktu tertentu tanpa kerusakan. Dengan kata lain reliabilitas merupakan daya tahan hidup suatu produk paling sedikitnya sampai waktu t.

Dalam menentukan kinerja dan tahan hidup suatu produk atau membandingkan rancangan produksi yang berbeda, cara uji hidup yang biasa dilakukan adalah pengujian produk tersebut pada kondisi operasi normal. Pada kebanyakan situasi seperti kasus pengembangan produk yang baru, data kegagalan pada saat kondisi normal kurang efektif karena memerlukan waktu yang lama serta membutuhkan dana yang mahal. Hal ini disebabkan karena data kegagalan dari produk ketika beroperasi secara normal kadang-kadang tidak mencapai waktu hidup yang diharapkan. Sehingga dari situasi di atas, uji hidup dipercepat yang menyebabkan data kegagalan pada kondisi dipercepat digunakan untuk mengestimasi reliabilitas yang menggambarkan kondisi pada saat operasi normal.

Uji hidup dipercepat biasanya diperlukan pada suatu komponen atau produk yang digunakan secara terus-menerus. Dalam hal ini uji hidup dipercepat digunakan untuk mendapatkan informasi yang cepat dari distribusi waktu kegagalan mengenai rataan kegagalan serta reliabilitasnya.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan estimasi parameter-parameter dari distribusi Gamma dalam model uji hidup dipercepat dan menentukan estimasi reliabilitas bagi distribusi Gamma dalam model uji hidup dipercepat.



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)