Perkuat Eksistensi di Masyarakat, Departemen Agroindustri FMIPA UNP Adakan Kemah Orientasi

Sijunjung – Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Agroindustri FMIPA Universitas Negeri Padang mengadakan acara Kemah Orientasi Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat (KOMPAS) di tempat pemandian Pincuran Tujuh Calau Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung, pada hari Jumat, 3 Maret 2023. Acara ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa Agroindustri kampus Sijunjung dan memperkokoh eksistensi departemen Agroindustri di tengah masyarakat sebagai departemen baru dari FMIPA UNP.

Acara KOMPAS ini dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt. Dalam sambutannya wakil bupati menyampaikan dukungan penuh Pemda Sijunjung terhadap keberadaan Kampus Agroindustri di Sijunjung ini dan siap mendukung semua kegiatan kemahasiswaan dan dilaksanakan.

Selanjutnya, wakil bupati berharap agar mahasiswa Agroindustri menjadi mahasiswa yang tangguh dalam menjalankan proses menuntut ilmu, jangan cengeng dan harus memiliki tekad baja. Acara ini diharapkan bisa mengasah mental mahasiswa dalam memperkuat karakter diri yang tahan dan punya daya juang.

Kemudian, Dekan Fakultas FMIPA UNP, Bapak Dr Yulkifli M.Si. dalam sambutannya mengatakan, bahwa kampus Agroindustri Sijunjung merupakan kampus kebanggaan kita. UNP sedang dalam proses menuju kampus bertaraf Internasional, dan Agroindustri Sijunjung akan menjadi bagian dari itu. Dekan mengatakan bahwa kesempatan besar terbuka bagi mahasiswa Agroindustri Sijunjung untuk berkuliah di perguruan tinggi bonafit di seluruh Indonesia dan dunia, karena UNP telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi tersebut, seperti IPB, UI, ITB, termasuk kerja sama magang dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri, dan semua mahasiswa berpeluang untuk ikut.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III FMIPA UNP, Bapak Dr. Irwan, M.Si, Kepala Departemen Agroindustri, Ibu Resti Fevria, MP, serta semua pimpinan dan dosen di lingkungan Departemen Agroindustri.

Acara ini diikuti oleh sekitar 200 orang mahasiswa dari prodi Peternakan, Agroteknologi dan Agribisnis. Mereka yang ikut mulai dari Angkatan 2019 sampai 2022. Agenda KOMPAS ini rencananya akan diadakan selama tiga hari, dari tanggal 3 maret sampai 5 maret 2023. Rencan kegiatannya, selain penguatan karakter dan pembinaan bagi mahasiswa, juga akan diadakan bakti sosial di lokasi objek wisata Makam Syech Abdul Wahab Calau, yang merupakan objek wisata spritual yang selalu ramai dikunjungi para peziarah di bulan Safar (dikenal dengan sebutan pergi basapa).

Pemilihan lokasi ini, menurut Dosen Pembina Kegiatan Mahasiswa Taufiqqurrahman, bertujuan untuk memperkokoh keberadaan Departemen Agroindustri FMIPA UNP di tengah tengah masyarakat. Sehingga keberadaan kita sebagai perguruan tinggi negeri yang ternama betul-betul dirasakan masyarakat, khususnya masyarakat Sijunjung.

Meski diguyur hujan, pelaksanaan acara pembukaan kemah orientasi ini tetap berjalan khidmat dan mahasiswa serta dosen tetap bersemangat.

English EN Indonesian ID