Kunjungan Expert Team dari Jerman ke FMIPA Universitas Negeri Padang

FMIPA UNP – Expert Team dari Kota Hildesheim, Jerman, mengunjungi FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangka study trip tentang lingkungan/waste management, pada hari Selasa, 22 November 2022. Mereka melihat Ecoby (Ecoenzyme Biology) UNP yang juga berada berdampingan dengan Bank Sampah Adiposa dan Pusat Riset CRROWM UNP, dengan tujuan ingin melihat pembuatan ecoenzyme dari sampah.

Mereka merasa tertarik dan apresiasi tindakan yang sudah digerakan oleh kampus dengan pendekatan secara ilmiah dan menyebarkannya dalam bentuk pelatihan pengabdian masyarakat. Tim Ecoby menyampaikan bahwa ecoenzyme berbasis dari sampah organik rumah tangga yang bisa dibuat dengan mudah oleh siapa saja dengan tujuan mengurangi sampah dari sumbernya. Mereka juga berbagi informasi tentang pengolahan sampah di kota mereka menjadi kompos namun skalanya sudah besar. Mereka juga tertarik untuk membuat ecoenzyme, karena Tim Ecoby jg menyampaikan bahwa ecoenzyme dapat dijadikan katalisator untuk mempercepat pembuataan kompos (hasil riset dari tim ecoenzyme UI Green Metric di kampus lain).

Mereka berharap pembuatan ecoenzyme ini juga bisa jadi skala besar dan mengatasi jumlaah sampah organik lebih banyak lagi, dan pemerintah dapat memfasilitasi kegiatan ini ke depannya. (SAF/Bio)

English EN Indonesian ID