Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Angkatan 2022 di FMIPA Universitas Negeri Padang

FMIPA UNP – Setelah sebelumnya mahasiswa baru Universitas Negeri Padang angkatan 2022 mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Padang, maka pada minggu berikutnya mahasiswa melanjutkan PKKMB tingkat fakultas di fakultasnya masing-masing.

FMIPA UNP melaksanakan PKKMB di Aula FMIPA selama 3 hari yang dibagi menjadi 3 gugus, yaitu pada tanggal 15, 16, dan 18 Agustus 2022, dimana pada masing-masing gugusnya diikuti oleh 2 hingga 3 departemen. Gugus 1 diikuti oleh mahasiswa dari Departemen Biologi sebanyak 290 orang, Departemen Pendidikan IPA sebanyak 120 orang, dan Departemen Agroindustri sebanyak 40 orang. Kemudian pada gugus 2 diikuti oleh mahasiswa dari Departemen Matematika sebanyak 267 orang dan Departemen Fisika sebanyak 228 orang. Dan yang terakhir pada gugus 3 diikuti oleh mahasiswa dari Departemen Kimia sebanyak 278 orang dan Departemen Statistika sebanyak 139 orang.

PKKMB pada tingkat fakultas dilaksankaan dari pagi hingga siang, kemudian dilanjutkan di tingkat departemen masing-masing dari siang hingga sore pada hari yang sama, kecuali untuk Departemen Agroindustri yang akan melaksanakan PKKMB tingkat departemen pada tanggal 20 Agustus 2022, di kampus Sijunjung.

Kegiatan ini juga diikuti oleh panitia yang terdiri dari pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan selingkungan FMIPA UNP. Pada sambutannya, Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si memperkenalkan seluruh pimpinan dan panitia yang hadir pada setiap gugus. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Pengenalan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama, dan Norma Kehidupan Kampus” yang disampaikan oleh 3 guru besar di FMIPA UNP selaku narasumber, yaitu Prof. Dr. Yerizon, M.Si pada gugus 1, Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc pada gugus 2, dan Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si pada gugus 3. Selain itu, ada juga pemaparan materi terkait sarana prasarana pembelajaran yang disampaikan oleh Wakil Dekan II, Ibu Dr. Yuni Ahda, M.Si, dan materi terkait pelayanan akademik dan kemahasiswaan yang disampaikan oleh Wakil Dekan I, Ibu Fitri Amelia, M.Si, Ph.D. Kemudian pada akhir kegiatan, acara dilanjutkan oleh mahasiswa pengurus ORMAWA di FMIPA UNP, dengan tujuan memperkenalkan masing-masing ORMAWA kepada mahasiswa baru agar selain belajar, mereka juga bisa bergabung untuk berorganisasi.