Kuliah Umum Jurusan Statistika FMIPA UNP Bersama Rektor Telkom University

Jumat (12/11/2021) – Jurusan Statistika FMIPA UNP kembali mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Data Sains dan Penelitian Terkait” Bersama Prof. Dr. Adiwijaya (Rektor Telkom University). Kuliah umum ini diselenggaran secara hybrid yang dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Jurusan Statistika dan Matematika FMIPA UNP.

Dr. Adiwijaya menjelaskan bahwa Statistika, Matematika dan ilmu Komputer merupakan ilmu dasar yang dipelajari dalam data sains . Selanjutnya bagaimana mengaplikasi metode Statsitika dan Matematika sehingga pada akhirnya dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada  Industri dan masyarakat. Data sains sering ditemukan pada dunia Kesehatan, Misalnya dalam mendeteksi cancer.

Selanjutnya Dr. Adiwijaya mengajak mahasiswa untuk memiliki sudut pandang luas, jangan berhenti pada satu area saja. Salah satu contohnya adalah pada saat teknologi berkembang pesat. Mahasiswa terus belajar dalam mempelajari tools misalnya Pyton, atau R dengan data simulasi dan selanjutnya diambil data yang sesungguhnya yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat

Kuliah umum ini semakin menarik lagi karena Narasumber menyiapkan hadiah berupa pulsa dari telkomsel bagi mahasiswa yang ikut berpartisipasi untuk bertanya.

Dekan FMIPA berfoto bersama Rektor Telkom University
Ketua Jurusan Statistika menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Rektor Telkom University