Jurusan Biologi FMIPA UNP Implementasikan MBKM dalam Bentuk Webinar Nasional

Padang—-Jurusan Biologi FMIPA UNP menyelenggarakan Webinar Nasional Biologi 2021/  Sabtu 26 Juni 2021. Webinar ini ditujukan untuk menampung publikasi yang dihasilkan dari mata kuliah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), maka diselenggarakanlah Webinar Nasional Biologi dengan tema “Integrasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghasilkan Produk Sains Berbasis Kearifan Lokal”.

Webinar dibuka oleh Dekan FMIPA UNP yang diwakili oleh Alizar, Ph.D (WD 1 FMIPA UNP). Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNP bersama Prodi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prodi Biologi FST UIN Raden Fatah Palembang, dengan co-host Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. WD1 FMIPA UNP berharap “ Tahun-tahun selanjutnya lebih banyak lagi kerjasama yang dapat mendukung terlaksananya Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), katanya dalam penegasan sambutannya. Pada kegiatan ini sambutan juga disampaikan oleh Dekan FST UIN Syarif Hidayatullah dan FST UIN Raden Fatah. 

Di samping itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana webinar, Siska Alicia Farma, S.Pd., M.Biomed. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU Kerjasama MBKM dengan FMIPA UNP yang sudah disepakati pada 14 Desember 2020 yangg lalu, berupa kegiatan Transfer Kredit antara Prodi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah, Prodi Biologi FST UIN Raden Fatah. Transfer Kredit dilakukan pada Mata Kuliah Etnobotani dan Parasitologi. Ditambahkan dosen pengampu mata kuliah Etnobotani (Dra. Des. M, Dr. Priyanti, M.Si. dan Ardian Khairiah, M.Si.), telah dihasilkan 10 artikel hasil Project Based Learning, begitu juga pada mata kuliah Parasitologi dihasilkan 10 artikel (dengan dosen pengampu Drs. Mades Fifendy, M.Biomed. dan Narti Fitriana, M.Si.). 

Webinar ini diikuti oleh 492 orang peserta yang terdiri dari 262 presenter dan 230 partisipan. Peserta pada webinar ini berasal dari  berbagai universitas seluruh Indonesia (dosen dan mahasiswa, peneliti dan guru). Wembinar ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Eko Baroto Walujo (LIPI), Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M.Env.Stud (UIN Syarif      Hidayatullah), Dr. Irham Falahudin, M.Si (UIN Raden Fatah) dan Dr. Fitri Arsih, S.Si., M.Pd (Universitas Negeri Padang). Berdasarkan umpan balik yang dilakukan oleh panitia, diketahui bahwa besar harapan peserta agar kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun mendatang dengan cakupan yang lebih luas. (FMIPA/ Er/ Humas UNP)

Sumber: https://unp.ac.id/news/27-06-2021/jurusan-biologi-fmipa-unp-implementasikan-mbkm-dalam-bentuk-webinar-nasional