FMIPA UNP KOLABORASI DENGAN PASCASARJANA UNIV, NEGERI SEMARANG PADA WEBINAR DISEMINASI ETNO-VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINS DI ERA MILLENIAL

Padang—- sejalan dengan isu pendidikan 4.0 yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran dikenal dengan sistem siber (cyber system). Vlog merupakan salah satu solusi untuk generasi pro gadget. Pengertian dari Vlog (video blog) ialah blog yang berwujud video. tayangannya Vlog diyakini dapat lebih menghasilkan ekspresi yang lebih alami. Vlog di unggah di situs media sosial youtube. Youtube menjadi inovasi media baru yang menarik dalam pembelajaran masa kini. Pembelajaran Etnosains sangat relevan dengan landasan filosofi pengembangan kurikulum 2013. 

Pemanfaatan etnosains ini terbukti dapat menumbuhkan HOTs siswa terhadap lingkungan sekitar serta dapat melatih kemandirian siswa untuk belajar  Namun masih perlu untuk direputasikan dan dipopulerkan. Maka penyelenggaraan Acara Pagelaran srikandi srikandi Etnosains melallui Webinar Diseminasi Etnovlog  sebagai media pembelajaran sains di era milenial ini diharapkan mampu untuk membumikan, mereputasikan dan mempopulerkan pembelajaran yang mengangkat kearifan lokal masyarakat Indonesia sesuai tuntutan Kurikulum 2013 dan pendidikan abad 21 menyongsong era Revolusi Industri 4.0, dimana konsep masyarakat berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Maka, berangkat dari isu tersebut, FIMPA Universitas Negeri Padang (UNP) dan Program Studi S3 IPA melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan Pascasarjana UNNES (Universitas Negeri Semarang), khususnya melalui Program Studi S3 IPA UNNES, untuk menggelar Webinar Diseminasi Etnovlog sebagai Media Pembelajaran Sain di era Milenial, Sabtu/ 26 Juni 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, mulai Jam 08.00 WIB sampai selesai.

Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli, M.Si dalam sambutannya lebih mengarahkan Kegatan ini, menjadi bagian dari implementasi kerjasma sehingga memberi manfaat bagi semua pserta dan juga untuk lembaga kegatan ini menunjukkan partisipasi FMIPA dalam meningkatkan literasi digital khususnya dalam Etnosain, ditambahkannya “FMIPA UNP selalu merintis kerjasama secara nasional dan internasional untuk meningkatkan Indek Kinerja Utama (IKU) lembaga, Kata Dekan Alumni ITB  ini pada Humas UNP”

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UNNES Prof Dr. Agus Nuryatin, M. Hum menyatakan Webinar Diseminasi Etnovlog sebagai Media Pembelajaran Sain di Era Milenial bertujuan dalam rangka mereputasikan/membumikan dan mempopulerkan Etnosains melalui Vlog  (Etno-Vlog) dalam pembelajaran IPA Khususnya.

Pada kegiatan webinar tersebut tampil beberapa orang pemateri diantaranya13 orang (6 orang mahasiswa S3 ditambah 2 orang dari S1  dari Prodi IPA UNP dan sebanyak 5 orang dari Pascasarjana UNNES Semarang dan diikuti sebanyak 453 orang peserta. Acara penyajian materi dan diskusi dipandu oleh Dr. Skunda Diliarosta, M. Pd (mewakili FMIPA UNP) dan Dr. Woro Sumarni, M.Si (mewakili Pascasarjana UNESS). (Er/ Humas UNP)

Sumber: https://unp.ac.id/news/26-06-2021/fmipa-unp-kolaborasi-dengan-pascasarjana-univ-negeri-semarang-pada-webinar-diseminasi-etnovlog-sebagai-media-pembelajaran-sains-di-era-millenial