Webinar dan Workshop Penyusunan Dokumen PPEPP

Sabtu (7/7/20), kegiatan webinar dan workshop penyusunan dokumen PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) yang dilakasanakan oleh GPM (Gugus penjaminan mutu) FMIPA bekerjasama dengan GPM Fakultas Teknik. Diikuti oleh seluruh unit penjaminan mutu program studi dan ketua program studi selingkungan FMIPA dan FT. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu, 6-7 November 2020 dengan pemateri bapak Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE., MM, Dari Kepala Kantor Audit Internal (KAI), Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam kegiatan ini pemeteri memaparkan informasi terkini seputar Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dilanjutkan dengan proses pembuatan dokumen PPEPP, proses evaluasi dan strategi dalam penyusunan borang akreditasi kriteria 9. Dimana borang akreditasi kriteria 9 yang sudah diberlalukan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap akredirasi lama(Kriteria 7) .Dalam penjelasannya dokumen PPEPP itu merupakan komponen paling penting dalam mengajukan akreditasi kriteria 9. Dokumen PPEPP itu sendiri tidak hanya terkait proses pendidikan tetapi juga pada semua bidang yang ada pada perguruan tinggi.

Kegiatan workshop meliputi penyusunan instrumen evaluasi untuk program studi, penyusunan dokumen LKPS, dokumen evaluasi diri dan strategi penilaian dari dokumen tersebut. Serta dilakukan simulasi penilaian.

Diharapkan kegiatan ini memberikan pencerahan dan semangat bagi anggota penjaminan mutu, tim akreditasi Fakultas serta program studi dalam menyusun dokumen yang akan mengajukan reakreditasi. (Rizwan, Fisika UNP)