PENGEMBANGAN KURIKULUM MIPA UNP BERBASIS KKNI
Diposting oleh : doni f
Kategori: Fakultas MIPA - Dibaca: 58557 kali
PENGEMBANGAN KURIKULUM MIPA UNP BERBASIS KKNI
Prof. Dr. Festiyed, MS (PD1 FMIPA UNP dan Ketua Pengembangan Kurikulum UNP)
Pendahuluan
Masa depan kita ditandai oleh banjir informasi dan perubahan yang amat cepat dikarenakan masyarakat dunia terekspos oleh revolusi di bidang ilmu, teknologi dan seni, serta arus globalisasi, sehingga menuntut kesiapan kita semua untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada atau akan terjadi. Artinya kita harus mampu menghadapi masyarakat yang sangat kompleks dan global. Adapun sejumlah masalah yang dihadapi saat ini dan tantangan masa depan dapat berupa:
- Faktor-faktor Eksternal seperti: globalisasi, perkembangan ekonomi nasional, desentralisasi, politik, sosial budaya dan teknologi.
- Faktor-faktor Internal seperti: dampak manajemen yang sentralistik, mekanisme pendanaan oleh pemerintah, manajemen dan organisasi, sumberdaya manusia, penelitian di perguruan tinggi, serta peran serta orang tua dalam pendanaan pendidikan
Kebutuhan akan orientasi baru dalam pendidikan ini terasa begitu kuat dan nyata dalam berbagai bidang studi, baik dalam bidang studi eksakta maupun ilmu-ilmu sosial. Para pendidik, praktisi pendidikan dan kita semua, mau tidak mau harus merespon perubahan yang terjadi dengan mengubah paradigma pendidikan. Untuk menjawab dan mengatasi perubahan yang terjadi secara terus-menerus, alternative yang dapat digunakan dalam dunia pendidikn adalah pengembangan kurikulum.
Kurikulum dapat dimaknai sebagai suatu dokumen atau rencana tertulis mengenai kualitas pendidikan yang harus dimiliki oleh peserta didik melalui suatu pengalaman belajar. Pengertian ini mengandung arti bahwa kurikulum harus tertuang dalam satu atau beberapa dokumen atau rencana tertulis. Dokumen atau rencana tertulis itu berisikan pernyataan mengenai kualitas yang harus dimiliki seorang peserta didik yang mengikuti kurikulum tersebut aspek lain dari makna kurikulum adalah pengalaman belajar. Pengalaman belajar di sini dimaksudkan adalah pengalaman belajar yang dialami oleh peserta didik seperti yang direncanakan dalam dokumen tertulis. Pengalaman belajar peserta didik tersebut adalah konsekuensi langsung dari dokumen tertulis yang dikembangkan oleh dosen/instruktur/pendidik. Dokumen tertulis yang dikembangkan dosen ini dinamakan Rencana Perkuliahan/Satuan Pembelajaran. Pengalaman belajar ini memberikan dampak langsung terhadap hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu jika pengalaman belajar ini tidak sesuai dengan rencana tertulis maka hasil belajar yang diperoleh peserta didik tidak dapat dikatakan sebagai hasil dari kurikulum.
Pengembangan Kurikulum
Terciptanya lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ditentukan berbagai faktor, misalnya kompetensi pendidik, kemampuan peserta didik, sarana, fasilitas, kurikulum, proses pembelajaran, alat-bahan, manajemen perguruan tinggi, lingkungan (iklim) kerja dan kerjasama industri, dan lain-lain. Dalam konteks ini kurikulum memegang peranan penting. Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kurikulum dikatakan efektif manakala kurikulum tersebut mampu menyiapkan lulusan sesuai kepentingan masyarakat. Hal ini penting diupayakan mengingat kurikulum merupakan jantungnya aktivitas dan proses pendidikan.. Kurikulum memiliki tiga dimensi utama, yaitu: kurikulum yang dimaksudkan (intended curriculum) yang berkaitan dengan tujuan dan rencana; kurikulum yang diimplementasikan (implemented curriculum) yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dan pengaturan institusional; dan kurikulum yang diperoleh (attained curriculum) dimana peserta didik memperoleh pengalaman pendidikan (Schmidt, 1996).
PENGEMBANGAN KURIKULUM FMIPA BERDASARKAN KKNI
Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional selalu menjadi prioritas utama, antara lain melalui Undang-Undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU nomor 12 tahun 2012 tetang pendidikan, Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). KKNI merupakan acuan dan pedoman dalam mengembangkan kurikulum terutama pada jenjang pendidikan tinggi. Pemerintah tidak lagi menetapkan kurikulum inti tetapi perguruan tinggi sendiri yang mengembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, karakteristik, kebutuhan potensi peserta didik, masyarakat dan lingkungannya.
Kalender Kegiatan Pengembangan Kurikulum FMIPA UNP
Kegiatan |
Capaian |
Jadwal Tahun 2012 |
Pertemuan Tim Inti: Pembuatan contoh kerangka/batang tubuh kurikulum dengan:
|
Pertemuan 1: Menyusun jadwal kerja dan pembagian semua file KBK perguruan tinggi untuk dianalisis dan dibuat contoh sesuai Fakultas masing-maing |
23 Februari
10 Juli 2012 |
Pertemuan 2 : Menyamakan persepsi Draf kerangka kurikulum yang sudah dianalisis untuk dibagikan sebagai acuan untuk jurusan dan prodi di Fakultas masing-masing |
8 Maret
25 Juli 2012 |
|
Sosialisasi kerangka/batang tubuh kurikulum untuk seluruh ketua jurusan dan ketua program studi |
menyatukan persepsi untuk semua fakultas, jurusan dan prodi |
9 Maret sampai 31 Maret
|
Workshop Tingkat UNP |
15 Maret |
|
Workshop di Fakultas, jurusan dan prodi (tergantung kesiapan Fakultas masing-masing) |
16 - 31 Maret 30-31 Juli 2012 |
|
Pembuatan contoh batang tubuh kurikulum secara utuh dan lengkap oleh jurusan/program studi setiap fakultas:
|
Pelaksanaan pembuatan Draf kurikulum untuk semua jurusan dan prodi (dilakasanakan 2 hari di bukittinggi, dijadwalkan fakultas masing-masing) |
2-30 April
2-30 Sep 2012 |
Pertemuan Tim Inti : Pembuatan contoh draf perangkat pembelajaran (silabus, rencana pembelajaran, Tugas, Asesmen, Modul Praktikum, Handout, Diktat, Buku ajar, Buku, Pedoman TA/skripsi) secara utuh dan lengkap |
Pertemuan 3: Menyusun contoh draf perangkat pembelajaran |
3 Mai
3 Okt 2012 |
Sosialisasi kerangka perangkat pembelajaran(silabus, rencana pembelajaran, Tugas, Asesmen, Modul Praktikum, Handout, Diktat, Buku ajar, Buku, Pedoman TA/skripsi) untuk seluruh ketua jurusan dan ketua program studi |
Pertemuan 4:: menyatukan persepsi perangkat pembelajaran untuk semua fakultas, jurusan dan prodi |
10 Mai 10 Okt 2012 |
Pembuatan draf perangkat pembelajaran (silabus, rencana pembelajaran, Tugas, Asesmen, Modul Praktikum, Handout, Diktat, Buku ajar, Buku, Pedoman TA/skripsi) secara utuh dan lengkap oleh jurusan/program studi setiap fakultas |
Pelaksanaan pembuatan Draf perangkat pembelajaran (Di Bukittinggi )
|
11 – 31 Mai
11-31 Okt |
Workshop dan penyempurnaan kurikulum dan perangkat pembelajaran oleh jurusan dan program studi |
Workshop daraf kurikulum dan perangkatnya |
7-22 Juni 7-22 Nov |
Pemantapan kerangka kurikulum dari seluruh jurusan dan program studi dg mendatangkan:
|
Pemantapan Draf kurikulum dan perangkat melalui dengan Tim ahli Jakarta, |
22-23 Juni 22-23 okt |
Workshop penyempurnaan draf kurikulum di jurusan dan prodi |
Workshop dan lokakarya untuk penyempurnaan tingkat fakultas dan jurusan |
24 juni-20 Juli
24-okt-20 Nov |
Studi banding pelaksanaan kurikulum di lembaga yang telah menerapkan |
|
|
Workshop dan lokakarya hasil studi banding |
|
|
Perbaikan Untuk semua bidangkajian di jurusan dan program studi |
|
21 Juli-31 Agustus 21 Nov-15 Des |
Revisi draf , Penyempurnaan dan Pencetakan dalam bahasa Indonesia, dan bahasa ingris |
|
1-30 September |
Rapat pertimbangan senat masing-masing Fakultas |
|
1-30 Oktober |
Penyiapan draf dalam bahasa Indonesia dan Inggris untuk di down load ke website UNP |
|
1-30 November |
NB : Informasi yang lebih lengkap dapat di download di SINI atau di SINI
- Workshop Penyempurnaan Panduan Tugas Akhir FMIPA UNP 2012
- Workshop Kearsipan FMIPA UNP 2012
- Workshop Job Deskripsi FMIPA UNP
- Tracer Study FMIPA UNP
Isi Komentar :