Implementasi Model Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI pada Pembelajaran Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Fisika - Dibaca - : 13179 kali
Implementasi Model Perangkat Penilaian
Berbasis Deskripsi KKNI pada Pembelajaran Fisika
FMIPA Universitas Negeri Padang
Festiyed*)
Jurusan Fisika FMIPA UNP Padang
Hp.08126742403 dan E-mail festiyed@ymail.com
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian action research untuk mengimplementasikan Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI melalui model Learning Cycle 5E, yang terdiri dari tahap engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun 2012 untuk mata kuliah komputer dalam pembelajaran Fisika. Kegiatan penelitian ini dilakukan empat siklus, siklus satu dan dua terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus tiga dan empat terdiri dari 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan, angket dan rubrik penilaian proses pembelajaran, penilaian sikap dan kinerja. Indikator penilaian sikap:Ingin tahu (A1), Percaya diri (A2), Tanggung jawab (A3), Disiplin (A4), Teliti (A5),Kerjasama (A6), Mendengarkan penjelasan (A7), Bertanya (A8), Menjawab (A9), Menanggapi (A10). Indikator penilaian kinerja: Melakukan praktikum (K1), Menyimpulkan hasil praktikum (K2), Melakukan presentasi (K3), Menerapkan pengetahuan baru (K4), Menyelesaikan soal-soal dan permasalahan (K5). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian sikap mengalami peningkatan yaitu: tanggung jawab (A3) sebesar 2,2 %, sedangkan indikator yang tergolong pada keterampilan sosial umumnya mengalami peningkatan yang tinggi diantaranya indikator: menjawab (A9) sebesar 22,8 %, kerjasama (A6) sebesar 9,4 % , percaya diri (A2) sebesar 8,7 %, mendengarkan penjelasan (A7) sebesar 7,6 %, dan teliti (A5) sebesar 5,5 %. Sedang untuk penilaian kinerja, rata-rata peningkatan yang paling tinggi adalah dari siklus I ke siklus II yaitu 27,7 %, dari siklus II ke siklus III terjadi penurunan sebesar 17,1 % dan dari siklus III ke siklus IV terjadi peningkatan lagi sebesar 21,6 %.
Key words: action research, Learning Cycle 5E, Rubrik Penilaian, Deskripsi KKNI
Selengkapnya lihat di SINI
- ENHANCING ATTENTION OF STUDENT LEARNING WITH HELP OF INTERACTIVE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION-HICAI
- PERUBAHAN PARADIGMA PROSES PEMBELAJARAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PROFESIONAL SESUAI KURIKULUM 2013
- IMPLEMENTASI PERANGKAT PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Isi Komentar :