!-- -->
Jurusan Biologi

a. Visi

Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan biologi dan saintis yang memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu mengembankan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

b. Misi

  1. Menciptakan masyarakat kampus dengan semangat iklim akademik yang tinggi.
  2. Membekali tenaga kependidikan biologi dan biologi sehingga mampu berpikir kritis dan kreatif, mampu memecahkan masalah, serta profesional di bidangnya.
  3. Mewujudkan iklim yang kondusif untuk menciptakan 5 pilar yaitu :
    • Belajar untuk menguasai pengetahuan (learning to know),
    • Belajar untuk menguasai keterampilan (learning to do),
    • Belajar hidup dalam masyarakat (learning to together),
    • Belajar sepanjang hidup (learning to life long education).
  4. Membekali lulusan dengan jiwa entrepreunership instan sehingga dapat menciptakan lapangan kerja.
  5. Melaksanakan kerja sama yang luas dengan berbagai instansi terkait dalam usaha meningkatkan lapangan kerja.

 

c. Tujuan Jurusan Biologi

1) Tujuan Umum

Tujuan umum Jurusan Biologi adalah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompetitif, dan mampu menjadi tenaga profesional di bidang biologi dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki sikap ilmiah yang mendasar sehingga mampu menemukan dan memecahkan setiap permasalahan yang ditemukan dalam ruang lingkup keahliannya.
  • Memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  • Menguasai ilmu dan teknologi di bidang keahliannya, bersifat terbuka, bijaksana, dan tanggap terhadap segala dinamika kemajuan ilmu dan teknologi sehingga mampu memberikan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat.
  • Mengabdikan ilmunya bagi kemajuan bangsa, dengan mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara life skill dan efisien yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  • Memiliki dasar-dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

2) Tujuan Khusus

  1. Program studi Pendidikan Biologi
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang profesional, berkemampuan mandiri, berjiwa entreprenership, serta mampu melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah.
  3. Program Studi Biologi 
Menghasilkan sarjana Biologi yang profesional berkemampuan mandiri, berjiwa entrepreunership, mampu melaksanakan penelitian untuk mengbangkan ilmu biologi

 

d. Kompetensi

Kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Biologi: Jurusan Biologi yang terdiri atas dua program Studi, yaitu : 1) Program Studi Pendidikan Biologi, 2) Program Studi Biologi, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kualitas pemikiran, keterampilan dan kemampuan lain yang sesuai dengan tuntutan bidang-bidang ilmu biologi yaitu

1) Pemahaman dan Pengetahuan

Dengan kominasi antara kuliah, diskusi kelompok kecill, demonstrasi kelas, tugas mandiri, latihan dan praktikum baik dilaboratorium amupun di lapangan, seminar dan turut serta dalam proyek-proyek penelitian yang dilakukan dosen.

2) Kemampuan berfikir

Kemampuan berfikir dikembangkan dalam proses pembelajaran, sedang kemampuan analisis dan menyelesaikan masalah dikembangkan lebih lanjut dengan contoh-contoh soal atau naskah kecil (paper) tentang suatu hal yang sedang aktual.

3) Kemampuan berkarya

Kemapuan berkarya dikembangkan dalam proses pembelajaran secara umum. Kemampuan melaksanakan percobaan dikembangkan dalam praktikum di laboratorium maupun di lapangan.

4) Kemampuan Manajerial dan Alih Ilmu.

Kemampuan tersebut dikembangkan dalam proses belajar mengajar secara umum, umpan balik terhadap laporan ilmiah dan presentasi yang dilakukan. Kemampuan berkehidupan bersama dikembangkan dengan tugas kelompok, pertukaran data  hasil percobaan laboratorium.