Wirid Bulanan : Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H

Senin (21/3/2022) – FMIPA Universitas Negeri Padang melaksanakan wirid rutin bulanan bersama Bapak Ustad Dr. Sofyan Hadi, SS, MAg, MA.Hum, dalam rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H. Beliau membahas tafsiran QS. Al-baqarah: 185 yang berbunyi :

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”


Beliau menyampaikan bahwa satu sumber amal yg tidak boleh diabaikan selama ramadhan yaitu Al-Qur’an. Berlombalah untuk tadarus (mempelajari Al-Qur’an, bukan hanya membacanya), termasuk mendengarkan ceramah agama yg membahas ayat Al-Qur’an. Lebih baik membaca 1 ayat/hari namun dengan mambahas tafsirnya daripada 1 juz namun hanya sekedar membacanya saja. Lakukan ibadah ramadhan dengan santai, terutama saat tarawih, jangan terburu buru untuk pulang. Berpuasalah ketika sudah melihat bulan, tidak masalah jika puasa ramadhan dimulai di hari yg berbeda, asalkan jumlah puasanya antara 29 atau 30 hari.

Kira-kira demikian lah isi ceramah yang disampaikan oleh Bapak Ustad Dr. Sofyan Hadi, SS, M.Ag, MA.Hum pada wirid kali ini.

English EN Indonesian ID