!-- -->
Jumat, 16 September 2016 - 09:58:49 WIB
LOMBA FISIKA TINGKAT SMA XX DAN SMP XII SE-SUMATERA TAHUN 2016
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Fisika - Dibaca: 2857 kali

Lomba Fisika merupakan event tahunan yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung Jurusan Fisika FMIPA UNP melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fisika. Kegiatan lomba fisika ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika. Melalui Lomba Fisika ini diharapkan dapat mengasah bakat-bakat dan minat siswa untuk memahami Fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba Fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar Se-Sumatera pada disiplin ilmu ini.

Pada Hari Sabtu, tanggal 27 Agustus 2016, telah dilaksanakan Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera bertempat di GOR UNP. Seiring dengan pelaksanaan Lomba Fisika, pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Open Lab. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada siswa-siswi terutama Lab Fisika yang bertempat di Fakultas MIPA UNP yang diharapakan dapat memunculkan ketertarikan siswa terhadap Fisika. Selain itu, yang utama yaitu melalui kegiatan ini siswa-siswa dapat mengamati langsung Laboratorium Fisika UNP dan didampingi mahasiswa pendamping dan Laboran, siswa dapat melihat demo ataupun ikut mencobakan beberapa percobaan Fisika yang menarik dan menyenangkan. Dengan pembagian jadwal babak penyisihan Lomba Fisika, dimana SMP pagi hari dan SMA di siang harinya maka pada saat siswa SMP melaksanakan babak penyisihan, siswa SMA yang sudah datang ke UNP diundang untuk menghadiri kegiatan ini, dan begitu pula bagi siswa SMP pada siang harinya.

Lomba kali ini dihadiri kurang lebih 1169 peserta yaitu 527 orang pada tingkat SMP dan 642 orang tingkat SMA. Babak final dan penutupan acara dilaksanakan pada tanggal 4 september 2016. Dari hasil babak final diperoleh pemuncak masing-masing tingkat dan juga memperebutkan piala bergilir untuk juara umum. Pemuncak untuk tingkat SMP diraih oleh M. Fairuz Azfa E. yang berasal dari SMP Dharma Yudha sedangkan juara umum diraih oleh SMPN 5 Batusangkar. Pemuncak untuk tingkat SMA diraih oleh Habli Yahdi yang berasal dari SMAN Agam Cendekia yang sekaligus menyabet juara umum. Penyerahan hadiah kepada para pemuncak dilakukan pada acara penutupan yang dilangsungkan pada siang harinya.

 

Foto - foto kegiatan LOFI dan Open Lab 2016

Foto Kegiatan LOFI dan Open Lab 2016

Sumber : Rio Anshari, S.Pd., M.Si



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)