!-- -->
Kamis, 21 Mei 2015 - 09:43:23 WIB
DARLING BIOLOGI 2015
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Biologi - Dibaca: 7938 kali

Kegiatan Sadar Lingkungan Biologi merupakan salah satu program HMJ Biologi yang rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun.Peserta yang diwajibkan ikut dalam kegiatan ini adalah  mahasiswa baru yang tahun ini adalah mahasiswa angkatan 2014.

Tempat diadakannya Sadar Lingkungan Biologi tahun ini adalah Kenagarian Kampung Baru Korong Nan Ampek,Kampuang Desa Baru, Kecamatan Koto 11 Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Tempat ini merupakan area yang subur sehingga digunakan untuk persawahan dan perkebunan. Kemudian, masyarakat di daerah ini mempunyai keingintahuan yang tinggi terhadap cara pembuatan pupuk organik untuk meringankan biaya pembelian pupuk pada persawahan dan perkebunannya. Selain itu, pada daerah ini masih banyak lahan yang kosong, sehingga cocok untuk ditanami tanaman yang dapat dimanfaatkan. Disamping itu, masyarakat di daerah ini, masih banyak yang belum mengetahui golongan darahnya masing-masing. Untuk itulah, panitia DARLING 2015 mengadakan kegiatan berupa penyuluhan pupuk organik, pembagian dan penanaman pohon, cek golongan darah, serta sapu bersih lingkungan sekitar.

Hari pertama pendirian tenda oleh pioneer,dilanjutkan pembukaan oleh ketua Jurusan Biologi Bapak Dr. Azwir Anhar, M.Si dan beberapa dosen lainnya serta Wali Nagari setempat.Semua peserta dan panitia juga ikut dalam pembukaan yang berlangsung sore itu,rinai hujan tak menyurutkan semangat para peserta Sadar Lingkungan Biologi 2015

Hari kedua merupakan puncak dari kegiatan ini,yaitu pengabdian masyarakat yang dimulai jam 09.00 WIB dengan kegiatan pertama sapu bersih lingkungan sekitar dan dilanjutkan dengan penyuluhan pembuatan pupuk cair Biofermentasi.Penyuluhan ini diikuti sekitar 40 orang masyarakat setempat,dari sesi diskusi dan tanya jawab terlihat antusias masyarakat yang begitu besar.Setelah itu diadakan pemeriksaan golongan darah,gula darah serta tekanan darah.Kegiatan terakhir hari itu adalah pembagian bibit dan pupuk cair secara gratis kepada masyarakat.

Hari ketiga adalah penutupan oleh ketua Jurusan Biologi yang sekaligus penyerahan kenang kenangan kepada pemuda setempat.Kenang kenangan berupa plakat dan bola kaki.Mudah-mudahan untuk kedepannya melalui kegiatan ini, kita bisa menciptakan kepedulian terhadap lingkungan dan menjaga lingkungan agar tidak rusak .

Foto - foto kegiatan Darling Biologi 2015 :

Foto-foto Kegiatan Darling  Biologi 2015



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)