!-- -->
Senin, 15 September 2014 - 09:03:36 WIB
Kuliah Umum Jurusan Matematika FMIPA UNP
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurusan Matematika - Dibaca: 11668 kali

Kamis, 11 September 2014. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang menggelar kuliah umum untuk mahasiswanya. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2,5 jam ini dihadiri sekitar 150 orang mahasiswa serta staf pengajar di Jurusan Matematika. Selain disambut baik oleh mahasiswa dan staf pengajar, kegiatan yang dibuka oleh ketua Jurusan Matematika UNP, Ibu Dr. Armiati, M.Pd ini, juga didukung oleh Bapak dekan FMIPA UNP, Bapak Prof. Dr. Lufri, MS.

Kuliah umum ini, dilaksanakan dengan mengundang pemateri Bapak Dr. Anang Kurnia, M.Si yaitu salah satu staff dosen Program Studi Statistika di IPB. Beliau diundang untuk menyampaikan/ menguliahi mahasiswa jurusan matematika UNP terkait “Prospek Kerja Statistisi”. Dengan pelaksanaan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan/ pengetahuan tentang prospek kerja yang mungkin dilakukannya kemudian, khususnya mahasiswa program studi Statistika maupun mahasiswa program studi matematika dengan kelompok keahlian statistika.

Dalam penjelasannya Bapak Anang Kurnia menjelaskan begitu banyaknya kemungkinan peluang kerja yang dapat diperoleh oleh mahasiswa nantinya. Dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama kuliah seorang statistisi diharapkan akan mampu untuk bekerja dibidang Asuransi (Aktuaria), Perkiraan Cuaca (BMKG), Financial (Analisis Kredit), perbankan, Riset, Bursa efek, komputasi, militer/ kepolisian maupun pegawai pemerintah (PNS). Pelaksanaan Quick Count yang menjadi topic hangat baru-baru ini juga merupakan salah satu riset yang dilakukan oleh statistisi. Berdasarkan penjelasan pemateri ini mahasiswa dapat mengetahui begitu banyaknya peluang kerja yang dimilikinya jika ia memiliki keahlian dibidang statistika. Bapak Anang Kurnia juga menegaskan bahwa “Satistika adalah tongkat daerah ketidaktahuan”, karena itu semua bidang akan membutuhkannya.

Statistisi merupakan salah satu profesi yang sangat diminati oleh mahasiswa jurusan matematika, khususnya mahasiswa prodi matematika dan statistika. Tidak hanya mahasiswa program studi statistika, mahasiswa program studi matematika pun juga banyak yang melanjutkan studi di program studi Magister Statistika. Sebagai contoh untuk tahun 2013, empat orang mahasiswa jurusan matematika melanjutkan studi di program studi Magister Statistika IPB.

Dengan membuka wawasan mahasiswa tentang prospek kerja program perkulihannya ke depan, diharapkan minat mahasiswa dalam perkulihan dapat meningkat. Karena mahasiswa dapat mengetahui relevansi ilmu yang dipelajari dengan pemanfaatannya nantinya.

Kuliah Umum Matematika

 

Sumber :   Defri/Yeni *) matematika.fmipa.unp.ac.id



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)