Sabtu, 26 November 2011 - 16:24:52 WIB
Seminar Nasional 2011 "Integritas Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulum MIPA dan Pendidikan MIPA"
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Fakultas MIPA - Dibaca: 82323 kali

Berdasarkan program pemerintah mulai tahun ajaran 2011/2012 menjadikan pendidikan berbasis karakter sebagai gerakan nasional mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi termasuk pendidikan nonformal dan informal. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyatakan, "Pembentukan karakter peserta didik tidak bisa lebas dari peran pendidik. Bagaiaman manusia Indonesia pada tahun 2045 mendatang (100 tahun Indonesia Merdeka), terletak di tangan pendidik.

 

pendidik bertanggung jawab untuk merestorasi karakter dan kepribadian mulia bangsa Indonesia yang saat ini berada pada titik nadir. Pendidik diharapkan bisa mengembalikan peradaban bangsa berkarakter, yang selama ini masih jauh dari harapan kita semua.

 

Pendidik bukan sekedar mentransfer pelajaran kepada peserta didi. Tapi lebih dari itu pendidik bertanggung jawab membentuk karakter peserta didik sehingga menjadi generasi cerdas dan seleh, dan terampil dalam menjalani kehidupannya.

 

Seminar ini diadakan sebagai suatu ajang tukar-menukar informasi dan pengalaman dengan tujuan:

 

1. Meningkatkan wawasan dan keterampilan peserta seminar dalam mengimplementasikan pendidikan berkarakter.

 

2. Mendapatkan berbagai masukan atau gagasan untuk menyusun kurikulum MIPA berbasis karakter.

 

Seminar nasional ini dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 20 November 2011 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNP. Adapun kegiatan seminar ini dihadiri oleh 274 orang peserta dari berbagai instansi.

Keynote Speaker :

  1. Prof. Dr. Ir Widyo Nugroho Sulasdi, (Pengembang Pendidikan Karakter DIKTI) Judul Materi : "Integritas Pendidikan berkarakter dalam Kurikulum MIPA dan Pendidikan MIPA"
  2. Prof. Dr. Yetti Supriyati, MPd, (Pengembang Pendidikan Karkater Pasca UNJ) Judul Materi : Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan MIPA).
  3. Drs. Syamsuri, MM (Kadis Dispora Sumbar)
  4. Prof. Dr. Lufri, MS (Dekan FMIPA Universitas Negeri Padang)  Judul materi : Pengintegrasian dan Keterkaitan Pendidikan Berkarakter dalam Pembelajaran.
  5. Prof. Dr. Festiyed, MS (Pembantu Dekan 1 FMIPA Universitas Negeri Padang Judul materi : Pengintegrasian dan Keterkaitan Pendidikan Berkarakter dalam Pembelajaran.

 

 

 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)